Inilah 8 Calon Bamus Koto Baru dipilih Secara Langsung, Rabu 21Juni 2023

  • Bagikan

Pasaman Barat, Shootlinenews.com

Pemilihan Anggota Badan Musyawarah Nagari (Bamus) Nagari Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat akan dilaksanakan besok Rabu, 21 Juni 2023. Pemilihan Bamus periode 2023-2026 kali ini tampil beda dengan pemilihan Bamus Nagari lainnya yaitu dengan sistem demokrasi atau secara langsung merupakan hasil kesepakatan bersama dan tak lepas dari aturan yang ada.

Syafrizal ketua Panitia Seleksi Pemilihan Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Man Duo Kabupaten Pasaman Barat didampingi Pansel Romi S.Sos, menyampaikan sesuai kesepakatan pansel kita laksanakan opsi sistem pemilihan langsung keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan

Sistem pemilihan Bamus langsung ini persis sama dengan pemilihan Legislatif maupun eksekutif, Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sudah di tunjuk siap melayani para pemilih untuk mencoblos ditempat Pemungutan Suara (TPS)

Untuk persiapan logistik dan petugas pemilihan Bamus sudah hampir rampung. Hingga Selasa sore, Petugas pansel mengantarkan surat undangan pemilih kepada warga memenuhi syarat wajib pilih yang terdata.

“Sebanyak 30109 pemilih di daerah dapil satu meliputi pasar Simpang tigo dusun barat dan selatan akan memilih salah satu dari delapan kandidat calon Bamus Koto Baru” katanya.

 

Berikut nomor urut dan nama Calon Bamus Nagari Koto Baru Keterwakilan Wilayah periode 2023-2026
Dapil I:
1. Rizki Fauzi, SH
2. Imron Efendi, SE
3. Irwandi
4. Dale Carnegi, SP.d
5. Zonri Elvi
6. Riki Ariandi
7. Naldi, SP.d
8. Aldrianto, SH
Dapil II:
1. Sofyan Sahuri, S.IP

Calon Anggota Bamus Koto Baru Keterwakilan Perempuan

1. Ega Silvia
2. Yusmawita
3. Novi Wulandari
4. Yulisna S.Pd

Kita mulai tahapan pembukaan pendaftaran, penyeleksian, persiapan surat suara hingga pembentukan para relawan Petugas TPS. Semoga dihari pemilihan besok warga pemilih datang ke TPS dengan membawa surat undangan pemilih . Jika belum dapat surat undangan pemilih. Bisa mengunakan hak suara dengan membawa KTP atau Kartu keluarga ke TPS sesuai tempat tinggal.

Kita harapkan warga datang mencoblos sehingga terlaksana pemilihan langsung ini terlaksana sampai penghitungan suara di masing-masing TPS”. kata Syafrizal di Simpang Tigo, Selasa (20/6).

Dari delapan peserta dari perwakilan dapil satu tersebut akan memperebutkan 2 kursi Bamus Nagari Koto Baru. Sementara 1 kursi keterwakilan Perempuan akan diperebutkan oleh 4 calon bamus perwakilan perempuan. sementara Satu kursi keterwakilan masyarakat Dusun Durian tigo Batang mencalon hanya satu orang kandidat yaitu Sofyan Sahuri, yang otomatis terpilih secara aklamasi di Dapil dua. Satu kursi Bamus yang lama tetap di diamanahkan kepada Anggota Bamus yang lama yaitu Rozi Ahmadi.

PJ Wali Nagari Koto Baru Robiyanto mengucapkan terima kasih kepada panitia pemilihan anggota Bamus Nagari Koto Baru, Kita harapkan persiapan logistik dan petugas TPS pemilihan Bamus bisa terpenuhi.

“Kita himbau kepada masyarakat Koto Baru datang ke TPS pada Rabu 21 juni 2023 untuk menggunakan hak suaranya dipemilihan Bamus Koto Baru,” himbaunya.

“Harapan kita dengan terpilihnya anggota Bamus yang baru dapat berkerja sama dengan pemerintahan Nagari dalam membangun Nagari yang lebih baik lagi” harap Robiyanto.

 

 

Sementara Aldrianto, SH salah seorang calon Bamus Nagari Koto Baru keterwakilan wilayah Simpang Tigo dapil 1 saat ditemui usai arak-arakan calon Bamus, Selasa sore di tugu Pasar Simpang Tigo menyampaikan kepada masyarakat agar datang ke TPS untuk memilihnya di PILBAMUS Koto Baru.

Aldrianto calon Bamus nomor urut delapan ini mempunya visi menciptakan lingkungan pemerintahan nagari dan Bamus Koto beserta Kerapatan Adat Nagari Koto dan Badan usaha milik Nagari (Bumnag) Koto Baru yang harmonis.

“Misi memajukan dan pengawasan pembagunan Nagari dengan meningkatkan pendapatan nagari, meningkatkan Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam serta memberikan peluang kearifan lokal masyarakat Koto Baru yang heterogen dan majemuk. Kembalinya filosofi Adaik Basandi Syarak , Syarak Basandi Kitabullah yang menjadi dasar hukum kita di nagari Minangkabau ini” pungkas alumni STIH Yappas itu.

“Harapan kita pada pemilih cerdas milenial bisa datang ke TPS tanggal 21 juni 2023 memilih nomor urut delapan,” harap Aldrianto, SH.

(Dolop)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *