Polres Pasaman Barat Gelar Pengamanan Pemilihan Bamus di Nagari Lingkuang Aua Baru

  • Bagikan

Pasbar, – Kepolisian Resor Pasaman Barat (Polres Pasaman Barat) telah menggelar pengamanan ketat untuk pemilihan Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari Lingkuang Aua Baru, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Minggu (23/07/2023).

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki mengatakan, bahwa pihaknya telah menerjunkan 51 personel untuk menjaga situasi aman dan tertib selama kegiatan pemilihan berlangsung di tujuh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Nagari Lingkuang Aua Baru. Dalam upaya mengoptimalkan pengamanan, Polres juga mendapatkan bantuan dari personel Polsek Pasaman di bawah pimpinan AKP Defrizal.

Kegiatan pemilihan Bamus ini juga melibatkan personel dari TNI Koramil 02/Simpang Empat, Kodim 0305/Pasaman, dan personel dari Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Pasaman Barat. Kolaborasi antara kepolisian, TNI, dan Sat Pol PP ini bertujuan untuk menciptakan situasi yang kondusif dan menjaga ketertiban selama proses pemilihan berlangsung.

Pemilihan Bamus Nagari Lingkuang Aua Baru kali ini akan menentukan susunan kepengurusan untuk periode 2023 hingga 2029. Sebanyak tujuh TPS telah disiapkan untuk menerima suara dari warga nagari, yakni Dapil 1 terdiri dari 2 TPS yakni TPS 1 yang berada di SD IT Cahaya Makkah, TPS 2 di SMPN 1 Pasaman, Dapil 2 terdiri dari TPS 3 di Simpang Tamiang dan TPS 4 di Kampus Yaptip serta Dapil 3 terdiri dari TPS 5 di Batang Tian, TPS 6 di Perumahan Madani dan TPS 7 di MDA Rimbo Janduang.

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Agung Basuki, menjelaskan bahwa penempatan personel Polri bertujuan untuk mengantisipasi gangguan dan kendala dalam proses pencoblosan pemilihan Bamus berlangsung. Selain itu, pihaknya juga bertekad menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar pemilihan dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

“Kita menerjunkan personel guna mencegah dan mengantisipasi hal-hal yang dapat menganggu proses pencoblosan pemilihan Bamus, serta menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif selama pemilihan,” ujar Kapolres Pasaman Barat.

Hingga berita ini diturunkan, proses pemilihan Bamus masih berlangsung dan personel keamanan masih berjaga di beberapa TPS untuk mendukung kelancaran proses penghitungan surat suara oleh petugas panitia pelaksana pemilihan Bamus Nagari Lingkuang Aua.

AKBP Agung Basuki dan seluruh jajaran kepolisian Polres Pasaman Barat berkomitmen untuk menjaga dan mengamankan proses jalannya pesta demokrasi di Nagari Lingkuang Aua Baru sesuai dengan amanat Undang-undang. Semoga pemilihan Bamus ini dapat berjalan dengan sukses dan menghasilkan kepengurusan yang dapat mewakili dan memajukan nagari secara bersama-sama. (Dolop)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *